top of page
Search
  • Writer's picturemetari saida

5 Manfaat Pakai Container, Bikin Bongkar Muat di Pelabuhan Cepat!

Container standar, atau sering juga disebut sebagai container intermodal, adalah sebuah wadah yang dirancang untuk mengangkut barang secara efisien dan mudah. container standar memiliki dimensi yang standar sehingga dapat diangkut menggunakan berbagai jenis moda transportasi, seperti kapal laut, kereta api, dan truk.


Jenis-jenis Container Standar




Kategori container standar memiliki beberapa jenis yang berbeda, tergantung pada kebutuhan penggunaannya. Berikut adalah beberapa jenis peti kemas standar yang umum digunakan:

  • Dry Container

Salah satu unit peti kemas yang paling umum digunakan dan sering Anda jumpai yaitu Dry container. Dry container biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang kering, seperti pakaian, barang elektronik, dan makanan kemasan.

  • Reefer Container

Reefer container adalah peti kemas yang dilengkapi dengan sistem pendingin untuk menjaga suhu di dalam peti kemas. Unit container ini biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang yang membutuhkan suhu tertentu, seperti makanan segar, obat-obatan, dan produk-produk biologi.

  • Open Top Container

Open top container jadi salah satu jenis container standar yang memiliki atap terbuka. Open top container biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang yang tidak dapat dimuat atau dibongkar melalui pintu standar, seperti mesin berat, kayu dan bahan-bahan bangunan yang besar.

  • Flat Rack Container

Flat rack container adalah peti kemsa yang tidak memiliki sisi dan atap. Flat rack container biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang yang besar, seperti kendaraan dan mesin-mesin berat.


Manfaat dan Keuntungan Container Standar





Penggunaan peti kemas standar memiliki banyak manfaat dan keuntungan, baik untuk pengirim maupun penerima barang. Berikut adalah beberapa manfaat dan keuntungannya, yaitu:


1. Efisiensi dan Kecepatan Pengiriman

Penggunaan container standar dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan pengiriman barang. Dengan menggunakan peti kemas, barang dapat dimuat lebih banyak dalam satu kapal laut atau kereta api, sehingga mengurangi waktu dan biaya pengiriman.


2. Keamanan Barang

Dengan menggunakan container standar, barang dapat dikemas dengan rapi dan aman dari kerusakan atau pencurian selama pengiriman.


3. Kemudahan dalam Pengiriman Multimoda

Bisnis Anda akan dipermudah dengan menggunakan peti kemas karena dapat diangkut menggunakan berbagai jenis moda transportasi, seperti kapal laut, kereta api, dan truk. Hal ini memudahkan pengiriman barang dalam skala besar yang melibatkan beberapa moda transportasi.


4. Fleksibilitas dalam Pengiriman

Ukuran container yang bervariasi, mulai dari 20 feet hingga 40 feet. Hal ini memungkinkan pengirim barang untuk memilih ukuran peti kemas yang sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang akan dikirimkan.


5. Efisiensi Pengelolaan Barang di Pelabuhan

Tahukah Anda, penggunaan peti kemas di pelabuhan juga memberikan efisiensi dalam pengelolaan barang. Dengan menggunakan container standar, barang dapat dimuat dan dibongkar dengan cepat dan efisien menggunakan peralatan khusus, seperti derek dan forklift.


Kontainer telah menjadi bagian penting dalam industri logistik dan pengiriman barang di seluruh dunia. Peti kemas tidak hanya memberikan efisiensi dan kecepatan dalam pengiriman barang, tetapi juga memberikan keamanan, fleksibilitas, dan ramah lingkungan. Dengan berbagai jenis unit kontainer yang tersedia, Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan pengiriman barang.


6 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page